Ngayalnya Aku Tapi Mencoba Realistis curhat eps 26

 DISCLAIMER KEBANYAKAN ISI MATERI BLOG KALI INI ADALAH NGAYAL / MENGHAYAL TAPI AKAN MENCOBA SEREALISTIS MUNGKIN KARENA HASIL DARI MENGHAYAL, PEMIKIRAN LIAR SAYA.

 Hallo kembali setelah beberapa bulan tak aktif di blogger Aku kembali menulis di blog ini. jadi sekarang diriku ini sedang membayangkan apa yang akan dirku lakukan setelah lulus kuliah? 

Yang pasti diriku ini tidak tertarik bekerja di tempat orang, terus jadwal di atur orang karena diriku ini merasa tidak sreg / tidak pas lah sama yang begitu. jadi diriku ini menghayal / membayangkan bagaimana kalau aku bikin bisnis / usaha tapi berusaha serealistis mungkin ide bisnis / ide usahanya yang pasti diriku ini terlintas ide bisnis dibidang kuliner walaupun kuliah dkv penjurusan visual brand design tapi tenang diriku ini berusaha ide bisnis / ide usaha ini agar dapat bisa dihubungkan dengan ilmu dkv diriku.

Mari menjabarkan ide usaha / ide bisnis hayalan Diriku :

yang pasti aku ini akan membuat sebuayh rumah makan kecil - kecilan.

1. konsepnya pun akan di buat sperti game - game yang bertemakan restaurant sperti restaurant story, restaurant paradise : game sim, cafeland - world kitchen, dll. jadi sistemnya itu di awal grand opening cuma ada beberapa menu alias masih dikit.ntar setiap beberapa bulan akan ada update alias akan nambah menu ataupun fasilitas hingga aku sampe merasa cukup deh jumlah menu dan fasilitas yang ada.

2. masalah harga Aku akan mencoba menjual dengan harga murah yang bikin orang mungkin akan bereaksi "yakin nih dijual semurah itu, bagaimana ntar penghasilan mu, ntar rugi donk" tapi tenang aku ini akan mencoba biar tidak terlalu rugi dengan cara membuat donasi saweria.co, trakteer.id, sociabuzz tribe untuk memaju karier rumah makan ini. tapi akan lebih fokus dengan saweria.co dan juga akan membuat liga donasi crazy rich alias bagi yang donasi terbanyak akan mendapatkan hadiah tapi ada 3 kategori kategori mingguan, bulanan,dan tahunan.

3. selain itu Aku ini juga akan membagikan hadiah agar tempat ini tetap rame dan tetap digemari dengan membuat hal sperti di gambar bawah ini :



maksud dari foto ini saya akan bikin sticker book colletion. jadi setiap pembelian kelipatan 10.000 rupiah akan mendapatkan sticker tapi untuk pertama kali beli akan mendapatkan bukunya untuk menempel / mengoleksi  sticker. jadi kalau udah full 1 buku atau lebih akan bisa di tukar dengan barang merchaindise / atau hadiah sesuatu. design stickernya pun random macam - macam jadi orang pun punya midset "ah spertinya menarik punya hobby koleksi sticker". yang pasti juga stickernya akan ada collab sama tokoh - tokoh atau teman atau siapapuin biar makin menarik. ide aku pun akan bikin buku stivkernya dengan tebal 58 halaman ukuran A5, shape stickernya persegi / kotak, mungkin sehalaman isi 35 sticker. Ntar juga konsep stickernya akan aku bikin Tier - Tier rank sperti di mode ranked game - game online tapi kalau di game online jika tier rank anda makin tinggi bagus berarti anda makin jago dan dapat lawan susah sedangkan di konsep aku itu makin atas ranknya makin langka bagus limited edition. List rank dan keterangan (nama ranknya terinspirasi dari game lol wild rift tapi nama rank itu umum ya tiada hak cipta dari game manapun setau aku dan ada sedikit modifikasi nama rank biar sesuai dengan diksi bisnis / kosakata tentang bisnis) :

Iron = design stickernya hasil karya team produksi saya sendiri dan stocknya banyak dan akan restock, intinya juga ini karya design ganjil dia

Bronze = sama kayak rank iron tapi bedanya cuma di kolaborasi.

Silver = hasil karya genap dari iron dan bronze.

Gold = hasil karya team produksi saya dan juga hasil kolaborasi tapi dibikin agar sedikit langka jumlah produksinya dan tidak akan restock dan intinya ini hasil karya ganjil dia.

Emerald = sama sperti gold tapi bedanya cuma ini hasil karya genapnya dia.

Platinum = hasil karya team produksi saya dan kolaborasi tapi ini langka ya cuma dikit stocknya dan intinya juga ini hasil karya ganjilnya dia.

Diamond = sama sperti emerald bedanya cuma ini hasil karya genapnya dia.

Kalau di lol wild rift ada rank master saya ganti jadi owner biar makin bisnis diksinya dan di atasnya master harusnya grandmaster saya ganti grandowner biar makin bisnis dan yang paling atas ya sama sperti yang di game lol wild rift challenger.

Owner = hasil karya saya sendiri dan ya bisa ajah saya ngajak collab ataupun minta bantuan team produksi saya sendiri masalah jumlah produksi random bisa ajah langka bisa ajah tidak masalah restock pun random dan intinya ini hasil karya ganjil aku.

Grandowner = sama seperti rank owner bedanya jelas cuma ini hasil karya genap aku.

Nah rank terakhir challenger = sama seperti rank owner ataupun grandowner bedanya hasil karya ganjil genap digabungkan dan yang membuat designya ya semuanya mulai dari team produksi saya, orang - orang kolaborasi, dan orang- orang random. Masalah siapa yang akan masuk ke klasifikasi rank random akan di kurator sama saya dan team.

4. yang pasti juga akan memajukan dibidang online alias mengutamakan order via ojol tapi tempat langsungnya juga alias on locationnya pun tetap di bikin nyaman ok, beda sama yang lain tapi jadi bahan percontohan. focus juga menjual item - item merchaindise khusus pakaian tidak dihitung merchaindise melainkan bagian bisnis clothingan kecil kecilan. merchaindise apa saya yang aku jual ya sperti tumbler, gelas, sticker colletion, dan perintilan lainnya.

5. sistem memesan makanannya pun akan di bikin bisa costumisasi agar pelanggan bisa bereksperimen tapi tidak seekstream bobon santoso dan aditya muslim agar supaya costumer makin creative dan agar tidak penasaran.

6. Sistem jam kerjanya yang pasti minimal presensi 1 hari, maksimal 3 hari. jadi aku itu peduli sama orang yang suka libur jadi aku gak mau punya karyawan yang cuma pengennya cuma hari sabtu minggu ajah. maksud dari  Sistem jam kerjanya yang pasti minimal presensi 1 hari, maksimal 3 hari itu adalah wajib hadir minimal 1 hari maksimal hadir 3 hari dalam seminggu tapi diluar waktu itu masih tetap bisa hadir, contohnya sperti ini : misal saya carlos memilih kerja di hari selasa - kamis nah di hari itu saya dihitung presensi tapi diluar hari itu anda masih bisa tetap masuk tapi mau di hitung presensi atau tidak lebih baik sih hadir agar bisa buat bayar kalau anda izin liburan / izin refreshing tapi untuk izin sakit tidak sudah di ganti karena sakit kan tiada yang tau nah sperti itu contohnya. saya harap sih banyak orang yang mau kerja di tempat aku ini, apalagi bagi yang pecinta libur / liburan itu pas sekali karena kerjanya tidak berat hingga memiliki beban melainkan nyantai bisa bekerja sesuai hobby juga tapi core utama bisnis ini kuliner dan secondarynya clothingan.

7. biasanya setiap rumah makan atau dalam bahasa inggris restaurant pasti akan memasang cctv untuk safety kalau aku sih akan beda jadi sistem cctv aku ganti adi live stream lebih tetapnya restream / multi sream bisa via nimo + twitch + youtube + facebook. nah kan rumah makan biar tetap asik kan pasti memutar lagu tapi bagaimana caranya kalau sambil di live stream begitu? solusinya lagunya pake audio library, ncs, langgangan monstercat gold, langganan epidemic sound. kenapa pake lagu itu juga biar tidak copyright dan saya juga peduli kalau ada content creator datang pun untuk mereview jadi aman gak perlu request matikan terlebih dahulu lagunya. kenapa memakai metode live stream ? biar beda ajah, biar orang yang menonton bisa tau kegiatan di rumah makan tersebut barangkali bisa menjumpai hal hal random atau apapun itu, yang pasti akan di record juga biar di lihat ada yang aneh gak ya / ada yang unik gitu kalau ada kan bisa di upload ke sosmed usaha aku ini dan ntar kan bisa trending viral gitu jadi semuanya tau.

semoga ide ide ini dapat di realisasikan karena itu ide saya yang terlintas di saat kuliah karena sekarang sedang berkuliah di semester 5 dkv penjurusan visual brand design. bantu terus aku ya bisa via doa, supoort ataupun dapat mengklik link dibawah ini ataupun mengisi link di bawah ini  agar supaya impian ini dapat teralisasi dan agar saya biar bisa tetap hidup dengan bahagia :

https://yubi.id/carlosthomas26052001
saweria.co/carlosthomas2651
https://karyakarsa.com/carlosthomas
https://trakteer.id/Carlosthomas2651
https://sociabuzz.com/carlosthomas/tribe
1st account nimo.tv/carlosthomas2651
2nd account nimo.tv aku 2ndcarlos

sekian dan terimakasih hatur nuhun shalom haleluya amin.

Komentar

Postingan Populer